Site icon PT. Indo Rizki Pratama

Strategi Bisnis Menggunakan Reklame Serta Tarif Reklame

Strategi Bisnis Menggunakan Reklame Serta Tarif Pajak Reklame

Strategi Bisnis Menggunakan Reklame Serta Tarif Pajak Reklame

Strategi Bisnis Menggunakan Reklame Serta Tarif Reklame – Dalam dunia bisnis yang semakin modern, pemasangan reklame sangat membantu dalam memperluas promosi produk dan jasa yang ditawarkan agar orang tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Beberapa reklame terkena wajib pajak reklame untuk keperluan tertentu. Lalu Apa saja Jenis Reklame Serta Wajib Pajak Reklame?

Jenis Reklame Serta Wajib Pajak Reklame

Sebelum Anda berencana memasang reklame, Anda harus mengetahui jenis-jenis reklame dan tarif reklame yang dikenakan karena pemasangan reklame tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan agar produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat serta menjadi warga Negara Indonesia yang baik dengan membayar tarif reklame yang telah ditentukan.

  1. Billboard

Reklame billboard adalah reklame yang terbuat dari papan yang berbahan kayu, seng atau yang lainnya yang dipasang di ruang terbuka dan bersifat permanen.

  1. Baliho

Nama baliho adalah nama lain dari billboard. Perbedaannya baliho hanya bersifat sementara atau semi permanen.

  1. Spanduk

Spanduk adalah jenis reklame yang terbuat dari kain. Biasanya dipasang melintang di atas jalan atau di kaitkan diantara dua tiang/pohon.

  1. Poster/Plakat

Poster dan plakat adalah jenis reklame berupa selebaran kertas yang berisi gambar atau tulisan. Perbedaannya plakat memiliki ukuran lebih kecil dari poster.

  1. Mobile

Mobile merupakan reklame berbentuk media tiga dimensi yang dapat bergerak baik bergerak karena ditiup angin atau dengan mesin penggerak .

  1. Neon Box

Neon box adalah reklame yang terbuat dari sinar lampu yang tersusun berwarna- warni.

  1. Reklame Large Electronic Display (LED)

Adalah reklame yang menggunakan layar monitor besar yang mampu menampilkan gambar atau video dengan berbagai index warna dan difungsikan dengan tenaga listrik. Jenisnya bisa berupa videotron ataupun megatron

Faktor Pajak Reklame

Untuk setiap pemasangan reklame dikenai tarif reklame. Penerapan tarif reklame ini berbeda-beda sesuai dengan peraturan daerah masing-masing. Tarif reklame menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang sangat potensial pada saat ini yaitu mencapai 25 %.

Beberapa faktor mempengaruhi besarnya Tarif Pajak Reklame yang dikenakan, antara lain :

  1. Jenis reklame
  2. Lokasi penempatan reklame
  3. Kategori kelas jalan
  4. Jumlah reklame
  5. Bahan dasar yang digunakan
  6. Ukuran reklame
  7. Jangka waktu dan waktu pemasangan reklame

Strategi Bisnis Menggunakan Reklame Serta Tarif Pajak Reklame

     Khusus untuk Reklame rokok dan minuman keras dikenakan biaya tambahan sebesar 25 %. Pemasangan reklame rokok dan minuman keras juga hanya bisa dilakukan pada tempat-tempat tertentu saja. Untuk menghitung tarif reklame ada rumus tertentu yang digunakan yaitu dengan rumus berikut.

Tarif x Durasi x Luas x Pengenaan Pajak (25%)

Keterangan:

Tarif      : tarif reklame yang berlaku

Durasi  : lama tayang reklame

Luas      : luas reklame

Tarif Pajak Reklame

Pemasangan reklame merupakan strategi promosi yang ampuh dalam menarik perhatian masyarakat. Karena reklame dipasang ditempat umum memudahkan siapa saja pengguna jalan dapat melihat dengan jelas. Walaupun isi atau informasi yang disampaikan belum tentu benar sesuai produk yang ditawarkan, namun reklame sangat pandai dalam memanipulasi informasi. Agar tidak menimbulkan kerugian baik bagi masyarakat, pemerintah maupun penyelenggara itu sendiri.

Sebagai individu, kita memang memiliki kebutuhan akan berbagai produk dan jasa tertentu. Dengan bantuan reklame kita dapat mengetahui info terbaru yang sedang booming. Namun jangan sampai kita salah mengambil keputusan. Sebelum menggunakan produk atau jasa tertentu, lebih baik Anda periksa terlebih dahulu produk tersebut. Jangan hanya mengandalkan iklan saja.

Selain untuk kepentingan bisnis, reklame juga sangat membantu untuk mensosialisasikan informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat luas yang terkait dengan bidang pemerintahan. Karena tempatnya yang strategis sehingga dapat dibaca, didengar atau dilihat oleh siapa saja.

Dengan mengetahui jenis dan tarif reklame di atas, Anda dapat menggunakan reklame yang sesuai dengan kebutuhan serta menjadi warga yang baik dengan membayar tarif reklame secara teratur.

Logo 3D Media Adv

Konsultan pajak reklame

Office :

Perumahan Bumi Nasio Indah Jl. Wijaya Kusuma No.12a, RT.009/RW.015, Jatimekar, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17422

Phone : (021) 849-826-29

WhatsApp : 0812-9804-6693

Situs web :  www.3dmediaadv.com

FacebookTwitterEmailLinkedInWhatsAppCopy LinkMastodonShare
Exit mobile version